Yuk Wisata Ke Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali

Yuk Wisata Ke Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali

Hai Traveler, tentunya sahabat traveler sudah tidak asing akan Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali ini bukan? yuk tentunya bagi sobat traveler yang pernah bermain watersport di tanjung benoa bali, satu wisata keluarga ini tidak mungkin terlewati. Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali sangat cocok bagi wisata keluarga, dimana anda bisa sebagai orang tua dapat mensosialisasi tentang penyu, selain mengajarkan anak-anak mencintai satwa langka yang di lindungi undang-undang, memberi pemahaman sejak dini akan kelak mereka menjadi generasi penerus menjaga kelestarian makhluk hidup, dunia beserta isi-nya yang harus di jaga sepanjang masa.

pulau penyu tanjung benoa

Tentunya anak-anak anda akan senang dan menambah wawasan rasa cinta akan alam dan mahkluk hidup. Serta menjadi pengalaman tersendiri bagi mereka dengan keceriaan masa kecil mereka, pengenalan dan pengembangbiakan Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali.

Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali

Pulau Penyu terletak di desa Tanjung Benoa, Jarak dari kuta dibutuhkan waktu sekitar 20 menit di tempuh dengan kendaraan motor baik mobil. Lokasi Pulau penyu tanjung benoa Bali ini oleh warga sekitar dijadikan sebagai tempat penangkaran penyu. Awal muasal ceritanya dulu hewan penyu era tahun 1990 hingga 1999-an penyu hijau ini sudah hampir mencapai kepunahannya di Bali. Sebab Penyu Hijau ini menjadi santapan konsumsi selain menjadi sarana Upacara Ritual di Pura-pura di bali yang menjadikan Penyu salah satu hewan kurban yang wajib ada, Penyu bagi masyarakat di bali ditahun tersebut merupakan santapan kegemaran. Makan daging penyu selain rasanya enak banget dan dagingnya empuk sangat lezat jika di panggang atau di buat sate dan lawar (Makanan Khas Bali).
Akibatnya, populasi penyu mengalami kemerosotan yg sangat drastis, bahkan nyaris punah. Pemerintah kemudian membuat larangan penangkapan dan jual beli penyu dengan alasan apapun. Kalau itu utk ritual di pura, hanya diperkenankan utk pura2 besar saja dan ritual keagamaan yg bersifat besar, dan hanya 1 ekor saja yg kecil.

Lokasi Pulau Penyu Tanjung benoa Bali

Pulau penyu tanjung benoa bali adalah merupakan tempat penangkaran dan rehabilitas bagi penyu yang terjerat jaring nelayan tanjung benoa, Pemerintah daerah bali melalui tanah perhutani bali mengelolah sebuah pulau kecil di tanjung benoa untuk melindungi penyu hijau yang semangkin berkurang polulasi nya dan merupakan salah satu hewan laut langka yang di lindungi.

Tempat penangkaran penyu hijau yang lokasinya berada di Nusa sudut obyek wisata Tanjung Benoa Bali ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat Tanjung Benoa diatas tanah Perhutani.

Jauh sebelumnya masyarakat Tanjung Benoa sebelum aturan itu dibuat sudah berinisiatif sendiri melakukan konservasi terhadap satwa penyu. Kebetulan di area mereka ini ada sebuah daratan timbul berupa hamparan pasir yg dikelilingi oleh rawa-rawa. Saat air pasang, daratan ini tertutup oleh air laut. Dipilihlah tempat ini sebagai lokasi penangkaran yg sesuai, karena penyu mutlak perlu air laut utk habitat hidupnya, Dengan demikianlah tempat ini sekarang menjadi Objek wisata Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali.
Syukur-nya saat ini penyu hijau di lokasi ini populasinya semakin meningkat. Pada saat musim kawin, telur-telur yg ada diselamatkan oleh warga dan ditetaskan. Tukik (nama; anak penyu) yang masih berumur 1 bulan setengahnya dari temuan rakyat setempat dilepas kelaut bebas. Sisanya dipelihara utk dibesarkan kembali. Sebab jika tukik-tukik di lepas semuanya kemungkinan akan mati dimangsa predator lain di alam bebas sana. Nanti disaat sudah berumur 1 tahun setengah dari sisa nya tersebut yg masih hidup akan dilepas kembali ke laut.

Banyak yang akan dapat traveler lihat saat berada dikawasan wisata pulau penyu ini selain penyu hijau dan anak penyu traveler juga dapat melihat satwa liar lainnya yang dilindungi seperti; Ular piton, Kelelawar, Burung Elang Jawa, Buaya dan hewan yang lainnya.

Bagaimana Cara Mencapai Lokasi Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali ini?

Untuk mencapai lokasi Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali ini harus menaiki perahu dari pesisir pantai Tanjung Benoa Watersport. Menuju ke lokasi menggunakan glass bottom boat dimana Glass bottom boat adalah merupakan sejenis perahu dengan kapasitas 8 hingga 10 orang dimana dibagian lantai perahu terbuat dari kaca tembus pandang, hingga anda dapat dengan mudah melihat dasar laut dan pemandangan terumbu karang serta ikan-ikan warna warni.

Sambil melemparkan roti yang telah disiapkan oleh sopir boat, anda akan bermain-main dengan beraneka ragam ikan hias air laut disini. Setelah itu barulah di lanjutkan jalan ke pulau penyu yg ditempuh hanya dengan 10 menit atau sejauh 300 – 500 meter dari pesisir pantai Tanjung Benoa. Objek liburan Glass Bottom Boat ini sangat cocok bagi keluarga yang membawa anak-anak kecil dan memperkenalkan kekayaan laut Indonesia yang termasyur di seluruh dunia.