Mengenal Asal Mula Coca Cola

Asal Mula Coca Cola

Siapa yang tidak kenal dengan minuman ringan yang berkarbonasi, yang setiap kemasannya dominan dengan warna merah ? Tentu saja semua orang pasti tahu jawabannya. Tak lain dan tak bukan adalah COCA COLA. Coca-Cola merupakan satu dari sekian banyak merek yang menguasai pasar dunia di abad ke-21 ini. Apakah kalian tahu kalau pada awalnya, Coca-Cola dipasarkan bukan sebagai minuman ringan, namun sebagai obat. Nah oleh karena itu mari sejenak, kita mengenal asal mula Coca Cola ini.

Penemu Sirup Daun Coca

Yang pertama kali menemukan Coca-Cola adalah Dr. John Stith Pemberton. Ia adalah seorang apoteker yang berasal dari Atlanta, Amerika Serikat. John sangat berobsesi untuk menemukan obat yang bisa menyembuhkan berbagai jenis keluhan. Tak disangka, bukan hanya tidak sesuai ekspektasi, namun obat ini dapat juga sekaligus berfungsi sebagai minuman.

Obat minuman ini dijual untuk pertama kalinya pada tahun 1886 dengan harga per porsi 5 sen.

Pada awalnya minuman ini berasal dari formula sirup yang diekstrak dari daun coca dan kacang kola.

Asal Mula Coca Cola

Asal Mula Coca Cola Dijadikan Merek

Nama Coca Cola diusulkan oleh Frank Robinson. Frank Robinson adalah merupakan sekretaris dari Dr. John Stith Pemberton, sang penemu sirup daun coca. Nama Coca Cola diambil dari nama bahan utama pembuat obat sirup ini, yakni daun coca dan kacang kola.

Untuk logo Coca Cola sendiri dirancang oleh Robinson karena ia memiliki tulisan tangan yang bagus dan indah. Jenis huruf yang digunakan untuk gambar logo Coca-Cola dinamakan ‘SPENCERIAN’.

Pada akhirnya di tahun 1915, Coca Cola memutuskan untuk memasang iklan di Atlanta Journal. Disanalah logo Coca-Cola saat itu muncul untuk pertama kalinya. Logo Coca-Cola terdaftar sebagai merek dagang dan sejak saat itu menjadi identitas eksklusif perusahaan.

Warna merah dan putih pada logo Coca Cola berarti kesederhanaan, energik dan bergairah untuk anak muda. Dimana warna merahnya sendiri melambangkan tekad, gairah, vitalitas serta jiwa muda. Sedangkan warna putihnya berarti pesona dan keanggunan.

Lika Liku Bisnis Coca Cola

Pada tahun 1887, Pemberton menjual bisnis Coca Cola ini ke seorang penguasa Atlanta yang bernama Asa Chandler dengan harga $2.300.

Pada tahun 1892, Chandler mendirikan perusahaan ‘The Coca-Cola Company” di Georgia.

Perlahan namun pasti Coca-Cola mulai menapakkan kaki ke Kanada, lalu berkembang ke Asia dan hingga kini Coca-Cola sudah menguasai pasar dunia untuk jenis minuman ringan berkarbonasi.

Semoga informasi mengenai asal mula Coca Cola ini dapat berguna di kemudian hari.