Mengenal Sejarah Boneka Phantom Kesehatan (Alat Peraga Kesehatan)

Alat peraga kesehatan atau disebut juga dengan boneka phantom adalah satu alat peraga yang dibuat menyerupai anatomi atau faal tubuh manusia yang digunakan oleh sekolah tinggi ilmu kesehatan dalam praktek pembelajaran dalam menangani pasien tertentu. Namun tahukah anda mengapa alat peraga ini dibuat dan digunakan ? Mari kita mengenal sejarah bagaimana boneka phantom atau alat peraga ini diciptakan.

sejarah boneka phantom

Phantom atau boneka phantom disebut juga manikin yang berasal dari bahasa belanda “maneken” yang memiliki arti boneka kecil. Alat ini tadinya merupakan sebuah bonek yang digunakan untuk memajang fashion di prancis. Hingga di abad ke-19 kebutuhan jenazah yang digunakan untuk peraga pendikan kala itu sangat terbatas dan juga karena adanya undang – undang tentang larangan ini maka permintaan boneka peraga untuk kesehatan meningkat drastis.

Dari sebab itulah dibuatlah boneka peraga yang memang khusus disediakan untuk kebutuhan peraga di sekolah – sekolah kesehatan sebagai bahan mempelajari anatomi tubuh manusia dan juga sebagai praktek mereka dalam melakukan tindakan medis yang berhubungan dengan tugas mereka nantinya.

Dalam perkembangannya ada banyak sekali macam dan jenis alat peraga kesehatan atau boneka phantom yang tersedia di toko alat peraga kesehatan. Berikut ini beberapa macam alat peraga kesehatan yang didesain khusus untuk peraga pembelajaran kegiatan perawat, dokter dan juga tenaga medis lainnya.

Phantom Tubuh Lengkap

Boneka ini adalah manikin dengan wujud sebuah tubuh yang lengkap yaitu kepala, badan, dua tangan dan kaki. Boneka ini bisa digunakan untuk berbagai macam peragaan seperti pemeriksaan fisik oleh dokter dan perawat. Serta berbagai macam perawatan kesehatan lainnya.

Phantom Reproduksi

Boneka phantom reproduksi ini terdiri dari dua macam yaitu pria dan wanita. Boneka ini berupa anatomi yang menggambarkan sistem organ reproduksi pada pria dan wanita. Tujuannya adalah mengetahui bagian – bagian organ reproduksi pada manusia dan fungsinya.

Phantom Lengan

Yaitu sebuah phantom yang berbentuk lengan lengkap dengan lima jarinya serta terdapat juga aliran pembuluh darah vena di dalamnya. Alat ini digunakan untuk peraga proses menyuntikkan menggunakan alat suntik dan juga pemasanagan infus set pada pasien.