Anjuran Gaya Hidup Sehat Untuk Lansia

Gaya Hidup Sehat Untuk Lansia – Gaya hidup orang lansia tentu saja berbeda dengan orang yang masih muda. Pada usia lansia cenderung tubuh akan lebih mudah terserang penyakit karena memang telah terjadi penurunan daya tahan tubuh.

Gaya Hidup Sehat Untuk Lansia

Pada usia lansia gaya hidup harus benar-benar diperhatikan supaya daya tahan dan stamina tubuh tetap prima. Pada kesempatan kali ini saya akan coba menulis tentang artikel gaya hidup sehat untuk lansia, supaya walaupun usia tua namun stamina dan semangat tetap muda. Oke langsung saja kita mulai, berikut adalah beberapa gaya hidup sehat yang perlu dilakukan di usia lansia :

1. Pola Makan Sederhana

Untuk usia lansia pola makan yang diterapkan merupakan pola makan sederhana yang tidak terlalu berat. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi gandum, sayur dan buah-buahan yang tidak memicu terjadinya asam lambung seperti jeruk atau pepaya. Selain itu perlu juga untuk menghindari telur karena bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi.

2. Olahraga Ringan

Karena memang kondisi fisik yang sudah mulai melemah, olahraga yang disarankan pun cukup yang ringan-ringan saja seperti misal jalan kaki di pagi hari, yoga atau bersepeda.

3. Hindari Makanan Berlemak

Pada usia lansia harus hati-hati dengan yang namanya makanan berlemak, karena jika sudah dikonsumsi walaupun hanya sedikit akan bisa memicu naiknya kadar kolesterol, pusing, mual dan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

4. Pertahankan Tubuh Ideal

Usia lansia disarankan untuk makan hanya seperlunya saja jangan berlebihan yang bisa menyebabkan obesitas. Karena kalau sampai mengalami obesitas resiko terkena penyakit diabetes akan lebih besar.

5. Kurangi Garam

Kenapa diusia lansia perlu mengurangi asupan garam? Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi. Minimalkan konsumsi garam menjadi 3-4 gram saja dalam sehari.

6. Hindari Makanan Bersantan

Seperti halnya garam, konsumsi santan pada usia lansia kalau tidak diperhatikan juga akan bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi.

7. Hindari Stress

Pada usia lansia usahakan untuk tidak memiliki terllalu banyak pikiran yang bisa bikin stress, karena faktor penyebab darah tinggi yang paling besar pada lansia adalah karena faktor stress ini.

Nah, itu tadi adalah anjuran gaya hidup sehat yang perlu dilakukan pada usia lansia, agar kesehatan tubuh dan stamina tetap terjaga.