5 Cara Praktis Dalam Menata Kamar Tidur Mungil

Apakah Anda punya kamar kecil? Bingung cara mengatur kamar tidur agar terlihat cantik tetapi tidak membuatnya lebih sempit?
Cara mengatur kamar tidur kecil memiliki tantangan tersendiri. Mulai dari penghalang yang sangat terbatas hingga perasaan ramai yang mungkin timbul adalah masalah yang biasanya ditemui. Jika Anda memiliki kamar tidur yang kecil, jangan khawatir. Ada cara untuk mengatur kamar tidur yang dapat membantu Anda memecahkan masalah ini.
Terlepas dari ukuran atau ukuran ruangan, cara mengatur kamar tidur yang benar bisa memuat banyak barang, lho. Plus, kamar Anda akan lebih nyaman dan indah untuk dilihat. Inilah akhirnya.

Baca juga : Listening IELTS, IELTS Writing dan Speaking IELTS

1. Pilih furnitur yang jarang ditempatkan
Pastikan furnitur yang Anda pilih untuk ruangan kecil tidak memakan banyak ruang. Dengan furnitur yang tidak terlalu besar, cara ini membuat ruang tidur menjadi lebih mudah. Selain lebih banyak ruang untuk bergerak, Anda juga bisa berkreasi dengan tata letak kamar tidur agar lebih menarik. Menjaga sisa alat furnitur adalah cara menata kamar tidur kecil yang tidak bisa diabaikan.
Tahukah Anda bahwa furnitur yang tepat dapat ditangani untuk menutupi semua barang-barang Anda di ruangan? Ya, bagaimana mengatur kamar tidur yang benar dapat membuat semua barang Anda disimpan dengan aman dan rapi. Salah satunya adalah menggunakan bagian bawah furnitur dan menggunakan rak dinding. Karena itu, jangan salah mengartikan kamar tidur dengan furnitur kecil.

2. Batasi palet warna
Cara mengelola kamar tidur kecil bisa dimulai dari pemilihan ruang cat. Warna-warna cerah diketahui membuat ruangan terlihat lebih lebar, terutama jika ada sinar matahari masuk. Oleh karena itu, memilih warna netral atau warna pastel adalah salah satu cara untuk menetapkan kamar tidur kecil yang ideal.
Tidak hanya memilih warna-warna cerah, Anda juga perlu membatasi jumlah palet warna. Gunakan pola yang sama untuk dinding, furnitur, dan tempat tidur. Cara membangun kamar tidur seperti ini dimaksudkan untuk menciptakan efek keren karena mata Anda tidak akan dipasang di sudut sempit ruangan. Agar kamar tidur tidak membosankan, Anda juga bisa menambahkan beberapa dekorasi ruangan dengan warna berbeda.

3. Buat kesan ruang yang lebih luas dengan cermin
Menggunakan cermin untuk membuat ruangan tampak dua kali lebih besar adalah trik yang telah digunakan selama berabad-abad. Pada dasarnya, cermin memantulkan cahaya dan menciptakan ilusi optik di ruangan. Bahkan sekarang, ini adalah salah satu cara untuk mengatur kamar terkecil yang paling sering digunakan.
Ada beberapa cara untuk mengatur kamar tidur kreatif dengan cermin. Misalnya, menggantung satu atau lebih cermin di dinding yang kosong, pilih lemari yang memiliki cermin, atau gunakan cermin tubuh penuh. Untuk menambah estetika ke ruangan, sesuaikan cermin dengan desain kamar tidur Anda secara keseluruhan.

4. Bagaimana mengatur kamar tidur melalui pencahayaan yang baik
Pencahayaan adalah segalanya – terutama di ruangan kecil. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah tidak mencegah masuknya matahari. Cara mengatur kamar tidur yang hangat di bawah sinar matahari akan membuat kamar tidur Anda terasa lebih luas dan segar di siang hari.
Selain sinar matahari, pencahayaan juga memiliki peran penting dalam mengatur kamar tidur kecil. Gunakan dua hingga lampu lantai atau lampu meja dan minimalkan lampu dari langit-langit. Cahaya yang tidak terlalu terang dari beberapa bagian kamar tidur akan menyamarkan sudut-sudut ruangan untuk merasa lebih lega.

5. Pilih tabel mengambang
Cara mengatur kamar tidur kecil lainnya adalah dengan memilih meja apung. Pada dasarnya, semua furnitur “mengambang” akan membuat ruangan terlihat lebih tinggi. Namun, tabel mengambang memiliki peran yang sangat penting dalam cara mengatur kamar tidur kecil karena memiliki fungsi lebih dari itu.
Permukaan meja ini dapat digunakan untuk bekerja dan meletakkan buku atau aksesori. Sama seperti tempat tidur, bagian bawah meja mengambang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang lainnya dengan menambahkan laci dalam bentuk laci atau keranjang.
Tidak hanya itu, tabel mengambang ditempatkan di samping tempat tidur yang dapat Anda gunakan sebagai meja atau meja samping. Anda tidak perlu repot membeli banyak furnitur karena menggunakan meja apung adalah salah satu cara untuk mengatur kamar tidur kecil yang ideal.