Panduan Wisata Ke Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta

Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul

Propinsi Yogyakarta mempunyai empat Kabupaten serta satu Kota Madya, di antara empat Kabupaten di Yogyakarta itu semasing mempunyai kelebihan, contoh Kabupaten Sleman populer jadi pusat pendidikan karena nyaris 75% universitas di Jogja berada di Sleman. Nah, Kabupaten Gunungkidul umpama nya jadi daerah penyumbang jejeran wisata alam mengagumkan di Yogyakarta. Dari wisata pegunungan, pantai, sungai, sampai wisata gua juga semuanya ada di sana. Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul merupakan satu di antara wisata popular di kota pelajar, keindahan sungai bawah tanah (di dalam gua) juga panorama stalaktit serta stalagmit satu diantara paling baik didunia. Tidak heran bila wisata Jogja ini penuh sesak oleh wisatawan ingin bertandang ke sana, terlebih saat musim liburan tiba.

Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul

Gua Pindul Gunungkidul adalah satu diantara tujuh gua yang dilewati sungai bawah tanah dari wilayah Bijiharjo. Menurut website datawisata.com jika panjang dari sungai Gunungkidul ini capai 300 meter, lebar 5 meter juga kedalaman sampai 5 meter. Satu diantara sisi dari gua ada tempat lumayan lebar, hingga tampak serupa seperti kolam. Dibagian sungai itu juga ada lubang cukup besar jadi tempat masuk cahaya matahari. Tidak jarang di lubang itu digunakan jadi latihan oleh beberapa tim SAR.

Cave tubing gua Pindul nyaris serupa seperti aktivitas rafting, bila berolahraga rafting yakni menyusuri sungai memakai kapal jadi cave tubing yakni penyusuran sungai memakai ban. Karena arus di sana cukup tenang juga debet air juga tiada bedanya pada musim kemarau serta penghujan, jadi kegiatan cave tubing di sini sangatlah pas dikerjakan oleh seluruh golongan umur.

Pengelola wisata menyiapkan beragam peralatan cave tubing seperti ban, jaket pelampung serta senter kepala. Semakin bagus lagi bila anda membawa peralatan sendiri dari rumah, hingga gak butuh menyewa perlengkapan.

Lokasi Goa Pindul Kabupaten Gunungkidul ada di Dusun Gelaran satu, kelurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sedang biaya tiket wisata dibanderol sebesar Rp. 35.000, belumlah termasuk juga ongkos retribusi sebesar Rp. 10.000 serta ongkos parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000 sepeda motor.