Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Wisata Rumah Teletubbies Jogja

Harga Tiket Masuk Dan Lokasi Wisata Rumah Teletubbies Jogja

Di Provinsi Kabupaten Yogyakarta yaitu di Kabupaten Sleman terdapat kampung cukup unik nan mengemaskan, hingga sekarang kampung tersebut dijadikan salah satu wisata kampung di Jogja yang diberi nama wisata rumah Teletubbies Jogja, pasalnya di desa tersebut seluruh rumah penduduknya dibangun menyerupai rumah di film serial Teletubbies. Deretan rumah-rumah Teletubbies tersebut di buat warna-warni dan nampak sangat bersih teratur, mungkin itulah daya tarik utama dimilikinya untuk menarik wisatawan lokal hingga luar kota berkunjung kesana.

Wisata Rumah Teletubbies Jogja

Memang wisatawan lebih mengenal kampung Jogja itu dengan sebutan kampung Teletubbies, hanya saja nama asli dari kampung itu ialah kampung Ngelepen. Ya, kampung tersebut berada di dusun Ngelepen, desa Sumberharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Setidaknya sekitar 80 rumah serupa bentuk nya misal nih mulai dari fasilitas NCK, tempat ibadah mushola dan taman bermain anak-anak. Bangunan rumah disana memiliki diameter 7 meter dengan tinggi hanya 4,5 meter saja.

Rumah nya mirip sih seperti rumah pada umumnya, hanya saja bentuk nya menyerupai kubah. Hebatnya lagi bangunan tersebut didesain supaya tahan dari goncangan gempa bumi. Bangunan-bangunan berdiri di lahan seluas 2 hektar, mulai dibangun sekitar tahun 2006 oleh Lembaga Swadaya Masyarakat atau SDM, sejak terjadinya tragedi gempa jogja di tahun 2006 silam.

Namun cerita kelam gempa Jogja telah lama berlalu, kini kampung Ngelepen telah menjadi salah satu kampung wisata menyenangkan. Jika sobat ingin berlibur kesana, sekedar berswafoto atau pun menginap di homestay, maka bakal dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 3.000 per orang, sedangkan biaya bermalam di desa wisata Rumah Domes Sleman dikenakan biaya menginap sebesar Rp. 120.000 per orang. Semua biaya retribusi tersebut, masuk ke dalam kas desa, sebab tanah di desa Sumberharjo belum dibebaskan, sehingga penduduk setempat yang tinggal disana masih dikenakan biaya.

Agar lebih memudahkan kebutuhan kegiatan wisata, pihak pengelola telah menyiapkan berbagai fasilitas diantaranya sejumlah wahana permainan buat pengunjung yang membawa anak-anak berlibur kesini seperti kereta-kereta mini, ayunan, seluncuran, jungak-jungkit hingga terkadang ada pula badut-badut Teletubbies disana. Buat pengunjung ingin berkemah di wisata rumah Teletubbies Jogja telah disediakan camping area di dekat lokasi wisata.