Tips Merawat Sofa Bebas Debu dan Noda Simple Tapi Ampuh

Tips Merawat Sofa Bebas Debu dan Noda Simple Tapi Ampuh

Sebagai furniture rumah, kantor dan lainnya sofa seringkali dipilih sebagai tempat duduk yang nyaman. Agar selalu nyaman, sofa tak lepas dari perawatan yang menujang secara rutin maupun berkala. Hal ini karena, debu juga noda yang terlihat sampai bau tak enak dapat mengancam setiap saat. Sehingga, tempat duduk jadi kurang nyaman. Bahkan bisa menimbulkan tumbuhnya bakteri dan kuman yang dapat mengganggu kesehatan. Seperti membuat kulit iritasi, gatal-gatal dan lainnya. Oleh karena itu, sofa kesayangan harus dibersihkan agar bebas dari debu, noda dan kuman.

Tips Merawat Sofa Bebas Debu

Sebenarnya, digunakan maupun tidak sofa rentan bisa terkena debu. Namun tak perlu cemas karena Anda bisa meminimalisir debu yang menempel pada kursi tersebut. Bagaimanakah caranya? Simak tips merawat sofa bebas debu dibawah ini:

  • Bersihkan sofa secara rutin dengan kemucing
  • Segera bersihkan soda jika terkena noda agar lebih mudah ditangani
  • Jemur sofa secara berkala untuk melenyapkan kuman bakteri jahat
  • Cuci sofa secara terjadwal, biasanya 3-6 bulan sekali agar kursi tersebut lebih bersih maksimal.

Langkah-langkah dalam menjaga sofa agar terminimalisir dari debu juga noda membandel tersebut bisa dimulai dari sekarang. Akan tetapi, jika ternyata tempat duduk tersebut kotor, berdebu dan kena noda sebaiknya ditangani dengan segera. Lalu, apa sajakah upaya dan langkah-langkah dalam membersihkan sofa dari debu juga noda? Simak berikut:

Tips Membersihkan Sofa yang Kena Debu dan Noda

Tidak perlu cemas, tata cara dalam merawat dan membersihkan sofa itu sendiri pun bisa dimulai dalam beragam treatment. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Bersihkan Debu Dengan Kemucing

Membersihkan debu pada sofa menggunakan kemucing termasuk cara yang paling mudah. Bahkan langkah satu cukup bisa diandalkan dalam membersihkan debu-debu yang ada. Biasanya, upaya ini diterapkan secara rutin atau setiap hari.

  1. Bersihkan Debu Dengan Vacuum Cleaner

Debu menempel pada permukaan sofa dapat dibersihkan dengan vacuum cleaner. Mesin penyedot debu modern satu sangat ampuh untuk menghisap debu lebih cepat dan maksimal.

  1. Tips Membersihkan Noda Pada Sofa

Selain debu, sofa pun rentan terkena noda seperti tumpahan air minum, coret-coretan dan lainnya. Adanya noda pada sofa sebaiknya dibersihkan dengan segera agar tidak semakin sulit. Adapun tips dan juga trik membersihkan noda pada sofa antara lain:

  1. Pakai Kain Lap Lembab

Noda ringan pada sofa bisa disapu bersih dengan kain lap yang lembab. Usap dan gosok secara merata agar nodanya jadi hilang. Kemudian keringkan sofa.

  1. Gunakan Cairan Khusus Sofa

Ada cairan khusus untuk membersihkan noda pada sofa dan caranya cukup dengan mengusapkan cairan tersebut, lalu gosok sofa dengan kain sampai noda yang ada hilang. Kemudian bersihkan lagi dan keringkan sofa dengan segera.

  1. Gunakan Cuka dan Air

Campuran air dan cuka pun sangat ampuh untuk membersihkan noda pada sofa. Caranya adalah dengan mengoleskan cairan cuka dan air ke permukaan sofa. Diamkan sebentar dan usap dengan kain lap ataupun gosok dengan sikat lembut. Bersihkan lagi dan usap dengan kain lap agar kering.

Itulah beberapa tips dan trik merawat sekaligus membersihkan sofa dari debu dan noda membandel. Dan untuk Anda yang tidak sempat untuk mengurus sofa tersebut, Anda bisa menyewa jasa cuci sofa. Dimana jasa pencucian sofa sangat bisa membantu dengan hasil maksimal. Salah satunya adalah jasacuci.id, professional di bidang pencucian sofa dan karpet yang siap membantu Anda dalam membersihkan dan merawat sofa dengan baik.