Jenis-Jenis Pertanyaan pada Tes Academic IELTS Bagian Speaking

Academic IELTS bagi sebagian orang merupakan tes yang sulit, terlebih pada bagian speaking. Bahkan, beberapa orang sering membandingkannya dengan tes TOEFL yang dianggap lebih mudah. Sebenarnya, apa saja yang membuat tes Academic IELTS menjadi terlihat lebih sulit? Padahal, jika diteliti lebih lanjut, soal yang diberikan tidak lebih sulit dari tes lain yang serupa. Sebagai gambaran, berikut ini beberapa pertanyaan yang biasanya keluar pada tes Academic IELTS bagian speaking.

# Tes Speaking Bagian I
Bisa dibilang, tes bagian pertama ini merupakan tes termudah. Tes yang memakan waktu 4–5 menit ini, terbagi atas dua tahap, yaitu pendahuluan dan wawancara. Tidak ada kata salah atau benar dalam tes ini, yang terpenting ketepatan dan kejelasan saat Anda berbicara.

1. Pendahuluan
Pada pendahuluan, Anda dipersilakan untuk memperkenalkan diri setelah penguji lebih dahulu memperkenalkan diri. Setelah itu, Anda diberi kesempatan untuk menceritakan suatu topik yang berkenaan dengan pengalaman pribadi. Di sini, kefasihan berbicara Anda yang akan dinilai. Oleh karena itu, pastikan Anda bercerita dengan bahasa-bahasa pendek dan mudah dipahami.

2. Wawancara
Pada tahap ini, penguji akan mengajukan pertanyaan seputar hobi atau komunitas (organisasi) yang sedang Anda ikuti. Dalam hal ini, yang dinilai tidak hanya kefasihan dalam berbicara, namun juga pemahaman atas pertanyaan yang diajukan. Oleh karena itu, pastikan Anda memahami banyak aksen, sehingga dengan aksen apa pun dari penguji, Anda tetap mampu memahaminya. Pertanyaan yang sering muncul, antara lain:
• Dengan siapa Anda tinggal?
• Di mana lokasi rumah Anda?
• Aktivitas apa saja yang sudah pernah atau sedang Anda jalani saat ini?
• Hal apa yang menarik minat Anda?

# Tes Speaking Bagian II
Dalam tes yang berlangsung selama 4 menit ini, Anda akan diminta berbicara lebih panjang. Biasanya, Anda akan diberikan suatu pertanyaan berkaitan dengan masalah sosial tertentu. Pada saat penguji memberikan pertanyaan, Anda diberi kesempatan selama 1 menit untuk menuliskan jawabannya pada selembar kertas. Setelah itu, selama 3 menit selanjutnya, Anda diminta menjawab pertanyaan yang diajukan secara lisan. Dalam tes ini, sebaiknya tuliskan poin-poin penting yang ingin Anda sampaikan saat diberi waktu 1 menit pertama. Dan, pada saat menjawab, usahakan menggiring jawaban Anda pada pengalaman pribadi. Dengan demikian, Anda akan lebih lancar saat menerangkannya.

# Tes Speaking Bagian III
Pada bagian tiga ini, Anda akan diajak berdiskusi dengan penguji tentang topik yang masih berkaitan dengan bagian dua. Perbedaan, pada bagian tiga ini, Anda akan diajak beradu argumen dengan penguji selama 4–5 menit agar Anda lebih bisa memperluas gagasan dari topik yang ada. Dalam hal ini, jangan tergesa-gesa untuk menjawabnya. Pikirkan terlebih dahulu jawaban yang paling tepat, kemudian jawablah dengan tenang. Dalam tes ini, yang dinilai adalah kemampuan Anda dalam menyampaikan gagasan serta respons yang Anda tampakkan.