Tips Mengasah Perbendaharaan Kata Supaya Lancar Tes IELTS General

Lancarnya tes ielts general yang akan anda ikuti ditentukan oleh berbagai faktor. Kemampuan dasar berbahasa Inggris tentu sangat penting. Dan sebenarnya tidak susah mempelajari beberapa rumusan dasar dari struktur kalimat dan logika yang dibentuk dari reading dan writing. Salah satu faktor penting yang akan menguatkan kemampuan anda mengerjakan tes ini ialah dari perbendaharaan kata. Lagipula, dalam tes ielts general atau akademik, faktor kosa kata bakal sangat bermanfaat kelak selama menerapkannya di negara yang akan anda tinggali.

Jadi, Apa Formula Rahasia untuk Mengasah Perbendaharaan Kata?
Tidak ada yang namanya formula rahasia atau trik khusus belajar kosakata bahasa. Dengan kata lain, anda mesti menghapalnya. Nah, cara menghapal itu yang mesti anda lakukan dengan tepat. Lama kelamaan pasti akan terbiasa dengan sendirinya alias sudah di luar kepala. Apa yang tercetus secara lisan otomatis tersinkronisasi pada apa yang sedang anda maksudkan.

Dalam tes ielts general, kemampuan menguasai kosakata bisa jadi faktor yang sangat menentukan kesuksesan anda mengerjakannya. Sebabnya, jika anda memahami arti dari sebuah atau beberapa kata dalam kalimat, nanti akan memudahkan menyambungkan secara logis demi membentuk penalaran. Oleh sebab itu, belajar kosakata sangat mutlak, bahkan semisal anda tidak berencana mengikuti tes ieltes pun, penguasaan kosakata bakal sangat berguna untuk praktik berbahasa Inggris secara otodidak.

Membaca, Mendengar, Berbicara, dan Menulis
Terapkan 4 metode di atas. Silakan memilih yang anda rasa paling nyaman atau terbiasa. Tapi jangan melulu satu metode yang anda terapkan. Semuanya diawali dari membaca. Apa yang anda baca dan tiba-tiba menemukan sebuah kata yang terasa baru, tanamkan dalam ingatan. Tulislah kata itu berikut maknanya. Lalu ucapkan. Dan sekarang sudah ada Google Translate atau aplikasi yang bisa anda tuliskan sebuah kata lalu dengarkan bagaimana pengucapannya. Mustahil anda akan lancar menguasai soal-soal tes ielts general, jika perbendaharaan kata anda masih sangat minim.

Disarankan juga menggunakan media yang paling anda akrabi. Atau, mulai saja dari kegemaran anda. Misal, anda gemar membaca, tentu biasakan membaca teks-teks atau buku berbahasa Inggris. Kalau anda sudah mendengarkan musik, jangan lupa sambil menyimak teksnya. Kalau anda doyan nonton film, gunakan subtitle berbahasa Inggris. Dari situ anda akan terbiasa sendiri dengan kosakata yang anda temui. Paling tidak, setiap hari anda dapat menghapalkan satu saja kosakata yang masih asing. Yang penting adalah konsistensinya. Jangan menghapal banyak kosakata dalam satu hari, tapi di hari berikutnya tidak. Justru dari kebiasaan setiap hari itulah akan terbentuk bank data dalam ingatan anda.

Nah, demikianlah sekilas cara mengasah kosakata supaya kelak bermanfaat selama mengerjakan tes ielts general atau mengaplikasikannya langsung.