Perbedaan Tujuan Academic IELTS dan General Academic


Academic IELTS merupakan bagian dari tes IELTS yang mempunyai banyak peminat. Hal ini tak mengherankan, sebab banyak universitas dan perusahaan asing yang menjadikan skor IELTS sebagai syarat jika ingin mencalonkan diri sebagai mahasiswa atau calon pegawai. Namun, apa yang dimaksud dengan IELTS tersebut? Dan, apa perbedaan academic IELTS dengan general IELTS. Nah, buat Anda yang penasaran, sebelum mengikuti tes ini, sebaiknya ketahui lebih dalam tentang academic IELTS. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

# Apa Itu IELTS?
Secara garis besar, IELTS merupakan tes yang digunakan untuk melihat seberapa jauh kemampuan seseorang dalam pemahaman sekaligus kefasihan dalam berbahasa Inggris. Pada umumnya, tes yang diujikan terdiri atas empat kemampuan berbahasa, yaitu writing, reading, listening, dan speaking. Masing-masing kemampuan ini diuji langsung oleh seorang penguji.
Perlu diketahui, setiap lingkungan pada umumnya menggunakan tipe bahasa yang berbeda. Sebagai contoh, lingkungan bisnis pastinya mempunyai tipe bahasa yang berbeda dengan lingkungan pendidikan formal. Begitu juga dengan lingkungan sehari-hari yang tipe bahasanya berbeda dengan lingkungan pendidikan. Perbedaan ini tidak hanya pada aksennya, namun juga tata bahasa dan juga pemilihan kosakata yang digunakan. Oleh karena itu, dalam tes IELTS, ada dua pengelompokkan tes, yaitu Academic IELTS dan General IELTS.

# Perbedaan Tujuan Academic IELTS dan General IELTS
Meskipun sama-sama menguji kemampuan bahasa Inggris seseorang, antara Academic IELTS dan General IELTS mempunyai tujuan yang berbeda. Pemahaman tentang tujuan dari masing-masing tes tersebut, sudah pasti akan berpengaruh terhadap persiapan tes yang harus dilakukan. Nah, berikut ini perbedaan tujuan antara keduanya:

1. IELTS Akademik
Tes IELTS yang satu ini biasanya digunakan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan belajar mengajar. Baik S1 (Bachelor), S2 (Postgraduate), maupun master, pada umumnya menjadikan skor tes ini sebagai syarat untuk mendaftarkan diri. Bahkan, beberapa lembaga tinggi dan tempat kursus singkat di luar negeri juga sudah mewajibkan skor IELTS akademik sebagai kelengkapan administrasi saat mendaftar. Biasanya, skor yang diminta antara 5,5 hingga 6,5, bahkan ada juga yang 7, tergantung dari institusi yang dipilih.

2. IELTS Umum
Tes IELTS yang ini biasanya digunakan bagi mereka yang ingin melakukan aktivitas non akademik di luar negeri, seperti bekerja, berinteraksi, atau mengikuti training singkat. Bahkan, mereka yang ingin mengurus keimigrasian ke luar negeri, seperti Kanada, Inggris, Australia, dan New Zealand, tes General IELTS menjadi salah satu kelengkapan syarat administrasi.
Dari perbedaan tujuan antara kedua tes IELTS tersebut, pastinya sekarang Anda tidak perlu bingung lagi menentukan tes apa yang harus dijalani, bukan? Pastikan Anda tidak salah memilih!