Tips Belajar WordPress Malaysia instal XAMPP

Sebelum anda memulai untuk belajar wordpress malaysia, apakah anda tahu apa itu wordpress? WordPress merupakan aplikasi website publishing yang paling populer, dan saat ini wordpress ini merupakan aplikasi paling banyak digunakan di dunia. Menggunakan wordpress anda bisa membuat website dengan waktu yang singkat, dan pastinya anda tak perlu mahir dalam bahasa pemrograman ataupun kodding.

Kali ini kami akan membagikan langkah-langkah melakukan penginstalan wordpress, dan pastinya anda wajib menyimak artikel ini tanpa meninggalkan sepatah katapun. Untuk melakukan instalasi wordpress, anda memerlukan XAMPP. XAMPP ini merupakan bundle dari tiga aplikasi, yakni web server, PHP, dan juga MySQL. Untuk melakukan pendownloadan, anda bisa menemukannya di situs resminya https://www.apachefriends.org.

Setelah anda mendapatkan aplikasi XAMPP, anda perlu menginstallnya dengan menekannya dua kali. Perlu sebagai catatan, bahwa kadang anti virus akan mengganggu proses instalasi. Sehingga bisa anda matikan selama proses penginstalan, atau anda bisa menekan tombol yes ketika ada jendela yang muncul.

Kemudian akan muncul peringatan tentang UAC atau User Account Control, biasanya anda akan menemukan proteksi ini di windows vista. Dimana bila anda install terkadang akan terjadi pembatasan hak akses, sehingga akan menyebabkan aplikasi tidak bisa berjalan dengan normal.

Jendela berikutnya adalah select component, pada bagian ini anda bisa memilih aplikasi apa saja yang akan anda install. Setelah itu lanjutkan dengan menekan next, maka akan muncul jendela installation folder. Tampilan berikutnya adalah bitnami for XAMPP, dimana bitnami ini merupakan cara cepat dalam penginstallan CMS.

Jendela selanjutnya adalah konfirmasi untuk memulai proses penginstallan XAMPP, anda hanya perlu menekan next dan tunggulah hingga proses selesai. Setelah selesai anda bisa langsung mencoba aplikasi ini, cara pengujiannya juga cukup mudah. Anda perlu menekan tombol start pada modul apache dan juga mysql, apabila tidak ada masalah maka akan tampil warna hijau pada bagian modulnya.

Langkah terakhir dalam belajar wordpress kali ini adalah dengan membuka web browser anda, kemudian ketikkan alamat host pada addres bar. Apabila muncul jendela pembuka XAMPP, maka semuanya terinstall dengan baik-baik.