Pekerjaan Yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Kuliah

Saat menikmati masa kuliah tentu saja kamu sempat berpikir atau memang sangat ingin bekerja sambil kuliah. Rasanya juga begitu sangat disayangkan jika masa kuliah kamu hanya terfokus dengan rutinitas kampus, padahal bisa saja kamu menambah pengalaman lainnya yaitu kerja sambilan.

Tidak ada salahnya kamu mencari penghasilan tambahan, meskipun dunia kuliah itu memang menuntut kamu untuk serius hitung-hitung kamu bisa mengasah skill yang kamu miliki dengan kerja sambilan.

Berbicara kerja sambilan atau kuliah sambil kerja, sebenarnya ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan sambil kuliah. Berikut akan kita bahas 5 jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan sembari menikmati rutinitas kuliah untuk menambah uang jajan.

  1. Mengajar Les

Pekerjaan pertama yang bisa kamu lakukan sambil kuliah yaitu mengajar les. Kamu bisa saja mengajar di luar jam kuliah kamu atau di malam hari. Terutama ini sangat cocok untuk kamu yang kuliah pada jurusan pendidikan, kamu bisa mengasah kemampuan kamu sambil mengajar les. Buat kamu yang tidak kuliah pendidikan tidak usah risau, kamu bisa saja membuat kelas les yang sesuai dengan bakat dan bidang yang kamu miliki.

  1. Jasa Freelance

Sambil kuliah kamu bisa saja bekerja menjadi freelancer. Kamu tidak perlu waktu khusus untuk menyelesaikan job kamu. Misalnya kamu memiliki bakat desain, kamu bisa freelance mendesain foto, karikatur, vektor dan lainnya. Atau kamu yang memiliki bakat menulis bisa mencoba menghasilkan uang melalui tulisan kamu apalagi saat ini banyak media yang butuh dengan tulisan kamu.

  1. Driver Online

Pekerjaan lainnya yang bisa kamu lakukan sambil kuliah yaitu menjadi driver online. Kamu lihat sendiri bukan bahwa saat ini kebutuhan orang terhadap driver online ini sangat banyak. Nah, bagi kamu yang cowok bisa memanfaatkan waktu luang kamu untuk mencari penumpang sebanyak-banyaknya.

  1. Bikin Konten Youtube

Kamu mungkin tidak asing lagi dengan kata youtuber, banyak setiap harinya lahir para youtuber baru selain mencari ketenaran juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Kamu juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan uang melalui konten-konten youtube yang kamu buat.

  1. Penyelenggara Event

Pembahasan terakhir mengenai job yang bisa kamu lakukan sambil kuliah yaitu penyelenggara event. Kebanyakan event dilaksanakan saat weekend. Kamu bisa mencari jasa Event Organizer(EO) dan meminta untuk bergabung dengan mereka jika ada event-event tertentu dan kamu bisa terjun di dalamnya.

Itulah beberapa pekerjaan buat kamu yang saat ini berstatus mahasiswa dan kadang hanya menghabiskan waktu tanpa arah karena bingung mau melakukan apa saat tidak kuliah. Pekerjaan ini mungkin bisa membantu kamu, selain mengisi waktu luang, menambah pengalaman tentu saja bisa menambah keuangan kamu. Semoga bermanfaat.