Museum Perjuangan Yang Populer di Yogyakarta

Sebagai salah satu tempat perjuangan Bangsa Indonesia dalam menghadapi Belanda Jogja menyimpan banyak cerita dan juga sejarah. Monumen perjuangan didirikan untuk mengingat peristiwa tersebut dan juga benda-benda perjuangan tersimpan rapi di museum-museum yang ada di daerah istimewa ini. Terdapat banyak museum yang menyimpan dan memamerkan benda-benda perjuangan para pejuang yang ingin memerdekakan Indonesia. Museum-museum tersebut pun sering dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam dan luar daerah untuk melihat sejarah perjuangan bangsa ini. Apa saja museum perjuangan yang populer di Jogja? Berikut penjelasannya dari kami:

  1. Museum Yogyakarta Kembali (Monjali)

Monjali merupakan salah satu museum perjuangan yang ada di Jogja. Museum ini terletak di Jl. Monjali Dukuh Jongkang, Desa Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Museum yang berbentuk kerucut ini terdiri dari 3 lantai yang menyimpan berbagai macam benda perjuangan. Di lantai dasar terdapat berbagai macam  benda seperti berbagai senjata, foto perjuangan, replika foto pahlawan perjuangan, replika tandu Jenderal Sudirman dan masih banyak lagi. Di lantai kedua terdapat berbagai macam diorama perjuangan. Lantai ketiga berupa ruangan yang berhiasakan relief perjuangan.

  1. Museum Perjuangan Yogyakarta

Museum bertemakan perjuangan selanjutnya adalah Museum Perjuangan. Bangunan ini didirikan untuk memperingati setengah abad Hari Kebangkitan Nasional, di Yogyakarta pada tahun 1958. Bangunan ini bentuknya sangat unik karena memadukan bentuk bangunan model zaman Romawi Kuno dengan bangunan model timur, yang dinamai ronde tempel. Diresmikan dan di buka untuk umum pada tahun 1961, Museum Perjuangan memiliki berbagai macam koleksi seperti: dokumen, foto perjuangan, alat-alat perjuangan, plakat-plakat perjuangan, dan lain sebagianya. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota membuat museum ini sering dikunjungi oleh wisatawan.

  1. Museum Benteng Vredeburg

Museum selanjutnya adalah Museum Benteng Vredeburg. Bangunan yang berada  di dalam  Benteng Vredeburg ini menampikan berbagai macam diorama perjuangan para bapak bangsa yang memperjuangak kemerdekaan bangsa ini. Diorama-diorama tersebut tersusun rapi di dalam bangunan yang sebelumnya digunakan sebagai tempat tinggal dan juga kantor para prajurit Belanda. Lokasinya yang ada di Jl. Malioboro membuat museum ini menjadi tempat favorit wisatawan untuk melepas penat sekaligus menikmati suasana di dalam benteng.

Demikian penjelasan mengenai museum perjuangan yang populer di Jogja. Jika Anda berminat mengunjunginya bersama-sama rombongan besar, Anda bisa rental Elf murah Jogja agar perjalanan menjadi lebih nyaman dan efisien.