Candi-Candi Hindu Yang Populer di Yogyakarta

Kawasan Jogja dan sekitarnya memiliki banyak sekali berbagai macam peninggalan purbakala baik berupa candi baik candi maupun artefak-atefak lainnya. Yang paling menonjol tentu candi-candi Hindu maupun Buddha yang masih bisa terlihat jelas hingga sekarang. Candi-candi tersebut masih berdiri selama di kawasan tersebut ratusan bahkan seribu tahun lebih. Setiap cadni memiliki berbagai macam keunikan dan kharaktersitiknya sendiri-sendiri yang membuat candi-candi tersebut memiliki daya tarik serta mampu menarik perhatian para wisatawan yang rela untuk datang mengunjunginya. Dari beberapa candi yang ada ada terdapat beberapa candi Buddha yang sangat populer oleh para wisatawan. Apa saja candi-candi Hindu yang populer di Jogja? Berikut penjelasan singkat dari kami:

  1. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu paling populer di Indonesia. Tidak ada yang bisa menandingi kepopuleran dari candi yang berada di Dataran Kedu ini. Candi ini dibangun pada abad ke 9 pada masa pemerintahan Dinasti Sanjaya di era Kerajaan Mataram Kuno. Bersama-sama dengan Candi Borobudur, Candi Prambanan juga masuk dalam salah satu warisan dunia UNICEF. Candi ini pun menjadi tujuan utama wisatawan yang datang ke Jogja baik dari dalam maupun luar negeri. Di Candi Prambanan wisatawan bisa melihat betapa indahnya bangunan yang dulunya adalah tempat peribadatan para penganut agama Hindu ini. Setiap harinya ribuan orang datang ke candi ini untuk melihat kemegahan dan kemegahan candi dari dekat.

  1. Candi Ijo

Candi Hindu berikutnya yang popluer adalah Candi Ijo. Berada di sebuah bukit bernama bukit Ijo, candi ini berdiri kokoh menghiasi bukit tersebut di ketinggian 410 diatas permukaan tanah. Candi ini berharak sekitar 4 km arah tenggara dari Istana Ratu Boko. Candi Ijo dibangun pada abad ke 10 atau 11 yang merupakan peninggalan Kerajaan Maaram Kuno. Saat ini candi ini merupakan tempat populer masyakat Jogja dan juga para wisatawan untuk menikmati keindahan matahari tenggelam. Di tempat ini wisatawan bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam dengan suasana etnik yang sangat kental yang mana siluet-siluet candi menambah keindahan momen tersebut.

  1. Candi Sambisari

Di Kecamatan kalasan, Yogyakarta terdapat beebrapa buah candi, salah satu yang terkenal adalah Candi Sambisari. Candi ini unik karena letaknya yang berada di sebuah lembah yang mana ketinggiannya berbeda dengan daratan disekitarnya. Hal tersebut membuat pengunjung bisa melihat candi ini dari atas dan tentunya memberikan sebuah pemandangan yang berbeda saat mengunjungi candi lainnya. Candi Sambisari menjadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu di sore hari karena tempatnya yang adem dan juga tanang.

Demikian penjelasan singkat dari kami mengenai candi-candi Hindu yang populer di Jogja. Jika Anda ingin mengunjungi candi-candi tersebut namun dalam rombongan besar, Anda bisa menjadikannya paket wisata murah Jogja.